OT Lobortis - шаблон joomla Новости
Home News & Publications

Cacat seumur hidup, Telkomsel digugat

JAKARTA, kabarbisnis.com: Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia, digugat perdata lantaran melakukan perbuatan melawan hukum. Penggugatnya, Elsa Fitra, mantan model iklan Telkomsel yang mengalami luka bakar pada bagian tubuhnya dan kakinya cacat seumur hidup akibat peristiwa meledaknya balon gas saat pembuatan iklan produk Telkomsel.

Selain menggugat PT Telkomsel, Elsa juga menggugat PT Kembang Api Mediacom, dengan mengajukan tuntutan ganti rugi materiil sebesar Rp2,060 miliar dan tuntutan immateril Rp3 miliar. Penggugat juga menuntut sita jaminan harta kekayaan PT Kembang Api Mediacom dan PT Telkomsel.

"Ini gugatan perbuatan melawan hukum. Faktanya penggugat mengalami luka bakar pada bagian tubuhnya, juga hingga kini yang luka permanen pada kakinya sehingga cacat seumur hidup," ungkap Defrizal Djamaris, kuasa hukum Elsa Fitra di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (5/5/2011).

Sebenarnya, lanjut Defrizal, cedera permanen yang dialami Elsa bisa diupayakan dengan cara dioperasi plastik. Sayangnya, dari Kembang Api Mediacom juga dan Telkomsel tidak mau mengganti.

Bahkan Telkomsel juga melakukan tindakan tidak adil serta diskriminatif. Mengingat, beberapa model lainnya yang mengalami cedera pada peristiwa ledakan itu sudah mendapatkan santunan, sementara Elsa tidak mendapat santunan apa dengan alasan tidak jelas.

Dikatakan, sebelum mengajukan gugatan perdata, sudah dilakukan upaya somasi atau teguran sebanyak dua kali, pada Agustus 2010. Bahkan, dilakukan proses mediasi dengan cara baik-baik. Ternyata, somasi dan mediasi diabaikan dan tidak mendapatkan tanggapan sama sekali dari Kembang Api Mediacom sebagai tergugat I dan Telkomsel sebagai tergugat II.

Gugatan perdata ini, bermula Elsa Fitra, mahasiswi yang berprofesi sebagai model. Pada 28 September 2009, pihak PT Kembang Api Mediacom menghubungi Elsa untuk melakukan casting. Casting ini bertujuan untuk pembuatan iklan Telkomsel yang dilakukan PT Kembang Api Mediacom.

Saat pengambilan gambar untuk kepentingan iklan tersebut yaitu 4 Oktober 2009, terjadi perubahan skenario. Balon gas raksasa dengan posisi di atas, yang seharusnya hanya dikelilingi para model menjadi ditarik ke aspal dan disentuh secara bersamaan oleh para model.

Saat pengambilan gambar, balon gas meledak. Elsa bersama model lainnya terpental serta crew yang ada di dekat ledakan mengalami luka bakar serius pada bagian wajah, tangan dan juga kaki. Elsa pun menjalani perawatan intensif di rumah sakit Pertamina.

Selama menjalani perawatan di rumah sakit itu, kedua tergugat tidak memberikan perhatian yang serius. Tergugat I malah membujuk orangtua penggugat untuk menandatangani surat pernyataan tidak akan menuntut. Sementara Tergugat II Telkomsel malah mengabaikan kejadian itu

 

Source: Kabar Bisnis

: