OT Lobortis - шаблон joomla Новости
Home News & Publications

Ba’asyir Gugat Majalah TIME Rp 1 Triliun

TEMPO Interaktif, Jakarta:Abu Bakar Ba’asyir yang diwakili oleh Achmad Michdan, dari tim pengacara muslim, menggugat Majalah TIME Asia senilai Rp 1 triliun. Gugatan itu diajukan pada pengelola majalah yang berkedudukan di Hongkong itu Karl Taro Greenseld (editor Time Asia), Romesh Ratnesar (penulis), dan Jason Tejasukmana (reporter) untuk Indonesia. 

Nilai gugatan ini harus dibayar tunai dan untuk menjamin ketepatan waktu pembayaran, maka tim pengacara muslim juga menetapkan uang paksa sebesar Rp 1 miliar untuk setiap hari keterlambatan pembayaran tersebut. 

Gugatan tersebut disampaikan dalam sidang pertama antara Ba’asyir versus Majalah TIME di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (26/6). Sidang ini dipimpin Zaenal Abidin selaku Hakim Ketua, Tusani Djafri, dan Sudaryatno sebagai hakim anggota. Sementara Majalah Time, diwakili Defrizal Djamaris dari kantor pengacara Lubis, Santosa, dan Maulana. 

Ba’asyir menggugat majalah TIME karena dalam edisi 23 September 2002 memberitakan laporan CIA yang menyebutnya sebagai Ketua Jamaah Islamiyah. Selain itu Ba’asyir disebut mengenal Omar Al Farouq yang dikaitkan sebagai anggota Al Qaeda, sebuah jaringan terorisme internasional. Ia juga dituduh berada di balik sejumlah pengeboman di Jakarta pada 1999. 

Dalam surat gugatan itu, Ba’asyir menyangkal semua pemberitaan tersebut. kalimat-kalimat pada halaman 25, pada edisi 23 September 2002, merupakan kebohongan belaka dan merupakan fitnah. Hal ini dikuatkan oleh pernyataan Ralph L Boyce selaku Dubes AS pada tahun 2002 yang membantah tulisan Majalah TIME dan mengakum bukanlah laporan dan dokumen resmi pemerintah AS.(Poernomo Gontha Ridho-TNR)

Source: Tempo Interaktif

: