OT Lobortis - шаблон joomla Новости
Home News & Publications UNPAD Bersuara Soal Revisi UU KPK

Irene Manibuy Ajukan Gugatan ke MK

Karena Merasa Suaranya Di Teluk Bintuni dan Fakfak Dikurangi Cukup Banyak

MANOKWARI - Caleg (calon anggota legislatif) DPR RI asal Partai Golkar, Irene Manibuy, SH mengajukan permohonan gugatan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) di Mahkamah Konstitusi. Dalam permohonan itu, Irene memohon pembatalan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor : 411/Kpts/KPU/2014 tanggal 09 Mei 2014.

 

Yan Cristian Warinussy, kuasa hukum Irene Manibuy menyatakan, terdapat temuan adanya 2 sertifikat rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat KPU Kabupaten Teluk Bintuni. “Hal ini jelas-jelas bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku di dalam Undang Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD. Sehingga selaku kuasa hukum, saya bersama-sama dengan mitra saya Advokat Defrizal Djamaris, SH mengajukan keberatan ke MK,” beber Yan Warinussy.

Selain mempermasalahkan hasil rekapitulasi perolehan suara di KPU Bintuni, kuasa hukum Irene Manibuy menggugat hasil rekap di KPU Kabupaten Fakfak yang juga menghasilkan 2 sertifikat . ‘’Yang pada dasarnya baik di Fakfak maupun Teluk Bintuni, klien kami telah mengalami pengurangan suara secara sangat drastis dan signifikan,’’ ujarnya.

Persidangan pemohonan PHPU, termohon Irene Manibuy sudah dimulai, Senin, 26 Mei. “Persidangan MK hari Senin, telah memasuki tahap perbaikan permohonan. Dimana kami selaku Tim Kuasa Hukum Irene Manibuy, SH telah menyampaikan perbaikan permohonan sekaligus dengan bukti-bukti surat kepada MK,” kata Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari ini.

Selanjutnya pada sidang Rabu (28/5), KPU selaku termohon dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) memberikan jawabannya atas permohonan pemohon. Kemudian diharapkan paling lambat hari Jum'at (30/5) persidangan akan memasuki tahap memeriksa bukti-bukti surat dan sekaligus majelis hakim panel MK bakal mendengar keterangan para saksi yang diajukan pemohon.(lm)

: